Fitur Google Webmaster Tools

Fitur Google Webmaster situs ini, berisikan penjelasan fitur-fitur yang terdapat pada webmaster tools. semoga penjelasan berikut ini dapat membantu anda.


Site configuration

1. Site Map / Peta Situs

Yaiu Tools untuk memberi tahu google tentang Halaman di Situs anda atau memberi tahu google kalau anda sedang membuat perubahan di blog. Ini yang pertama saya tuliskan, karena ini saya rasa sangat penting untuk
kelangsungan Blog anda, hehehe...
maksudnya anda Daftarkan dahulu Site Map Blog anda Agar nanti bisa dengan mudah mengakses dan menalisa blog anda Di Google Webmaster, Untuk mendaftarkan SiteMap blog anda silahkan klik Pada menu Di samping kiri pada Your site on the web ->

Klik Sitemaps -> lalu Submit a Sitemap -> lalu masukkan "/feeds/posts/default" tanpa tanda petik -> lalu Submit Sitemap.
Nah dalam beberapa detik SiteMap blog anda akan terlihat dengan tanda jumlah Potingan anda akan tampil di sana.

2. Crawler access

Tools ini menyatakan cara google Merayapi Blog anda. Anda bisa mengatur apa anda ingin google merayapi blog anda, atau membatasinya. kalau saran saya biarkan saja "Default", karena pengaturannya sudah diatur oleh google.

Di sini ada tools Romove URL :

maksudnya, apabila terdapat Broken link / link rusak di blog anda. Anda dapat menghapusnya dengan cara klik menu " Remove URL" lalu "New removal request" dan isikan URL yang anda ingin hapus, karena Broken Link ini tentu akan menggangu goole dalam merayapi blog anda.

Untuk melihat/ check Broken Link, silahkan check di sini check Broken Link

3. Sitelink

Sitelinks  menurut Google adalah link tambahan yang ditampilkan di bagian bawah situs hasil pencarian (SERP) di mana berguna untuk membantu menavigasi suatu situs, atau semacam value add agar pengunjung lebih leluasa mendapatkan banyak pilihan informasi dalam suatu situs dengan cepat.

kegunaanya ;


  •  Menunjukkan bahwa Google semakin mengakui kita, berarti juga tingkat kepentingan blog kita di mata Google semakin meningkat.
  • Sitelinks menjadi gengsi tersendiri bagi seorang blogger atau webmaster. Ini disebabkan karena Google tidak menjelaskan algoritma pemberian sitelinks dan ini masih menjadi sesuatu yang agak sedikit ‘langka’. Hanya blog berperingkat bagus dan ber-trafik tinggi yang mendapatkannya. Setidaknya sampai sekarang seperti itu.
  •  Sitelinks mengukuhkan kita akan dominasi keyword tertentu, artinya posisi teratas kita dengan keyword tertentu akan sulit digeser.

4. Change of address

Ini hanya bebrapa domain saja yang bisa mengaksesnya, seperti domain co.cc yang digunakan blog ini, tidak dapat digunakan.

5. Setting

untuk lebih jelasnya saya belum memahami apa saja fungsi tools ini, mungkin ada yang tau silahkan untuk menambahkan.

Your site on the web

1. Search queries

yaitu menunjunkan Keyword populer blog anda yang diketikkan / dicari di Search Engine google. Anda Bisa memaksimalkan keyword yang populer di blog anda, setelah melihat keyword yang ditampilkan di sini.

2. Links to your site

Yaitu tools untuk melihat Blog / situs lain yang Ngelink ke blog anda atau disebut juga Backlink.

3. Keyword

Tools ini menyatakan jumlah Keyword yang ditemukan Google saat merayapi Blog anda. Jadi anda bisa memaksimalkan keyword blog anda. karena keyword ini menyatakan gambaran blog anda.

4. Internal Link

Ini menyatakan Banyaknkya Link di Blog anda. yang menunjukkan banyaknya link dari halaman lain blog anda, ini menjelaskan bahwa post yang satu berhubungan dengan yang lain, dengan membuat link menuju ke artikel yang lain dalam blog anda.

5. Subscriber stats

Menunjukan jumlah Postingan anda melalui Feed situs anda yang telah anda daftarkan di Sitemap/ peta situs anda.


Diagnostics

1. Malware


Yaitu fitur yang mendetect ada Malware/sejenis virus atau file yang mengganggu yang terdapat di blog anda.

2. Crawl errors

Yaitu kumpulan link yang terdapat di postingan artikel maupun Body HTML blog kita yang dibatasi oleh google, atau yang lebih rinci Crawl Errors ini adalah Link Error yang terdapat di blog dan Link yang akan dibatasi/tidak akan diindeks oleh Google. Link ini sangat berpengaruh pada Blog dalam merayapi blog anda. Untuk mengatasi Crawl errors Anda dapat membersihkannya atau menghapusnya dengan berbagai cara.

3. Crawl stats

Tools ini menyatakan Aktivitas Googlebot dalam jangka waktu tertentu merayapi/mengecek blog anda. Biasanya ditampilkan dengan Grafik

4. Fetch as Googlebot

Yaitu cara google Mengambil / fetch artikel blog anda. Setiap anda Posting, maka otomatis googlebot akan mengambil artikel tersebut untuk ditampilkan di Search Engine. apabila anda ingin cepat ditampilkan di Search Engine google anda bisa mengambilnya sendiri, dengan cara copy paste Link Postingan anda. kalau saran saya biarkan saja googlebot bekerja secara otomatis / biarkan googlebot mengambilnya sendiri.

5. HTML suggestions

Biasanya ada 3 menu yang ditampilkan, dan menunjukkan masalah yang ada di blog anda, diantaranya.

Meta description
Ini menunjukkan Meta description blog anda, biasanya yang terjadi masalah di sini yaitu terdatnya Duplicate Meta Description. Ini terjadi dikarenakan setiap Postingan anda menggunakan meta Descriptions blog anda. untuk mengatasi masalah Duplicate Meta Dexcription anda dapat membuat meta description setiap post anda berbeda.
Title tag
Tools Ini yaitu tentang Tag judul Blog anda. Meta tag ini juga berpengaruh dengan Blog anda.  Masalah yang terdapat di sini biasanya juga terjadi Duplicate title tag. Untuk mengatasi Duplicate Meta Title Tag, anda juga harus membedakan title Blog dengan title/judul Artikel anda.
Non-indexable content
Ini menujukkan Masalah Artikel anda yang tidak terindeks.

Labs

1. Site performance
Yaitu halaman nya menunjukkan statistik kinerja situs Anda. Anda dapat menggunakan informasiini untuk meningkatkan kecepatan situs Anda dan menciptakan pengalaman yang lebih cepat bagi Blog Anda.


2. Video Sitemaps
 Halaman ini memuat daftar kesalahan proses Google ditemukan dengan Peta Situs Video blog Anda, serta peringatan tentang isu-isu yang berpotensi bermasalah.

Bookmark and Share



Artikel Terkait :)

2 komentar:

  • Terimakasih banyak mas atas penjelasan mengenai fitu-fitur yang ada di google webmaster.. niche

  • google webmaster ini memang luar biasa. fitur-fitur yang disediakan disana sangat lengkap sekali.

  • Posting Komentar

     




    Pengikut

    Harbudi Manggala Putra MengucapkanTerima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Blog Saya . Maaf Saya Hanya Manusia Biasa Yang Berusaha Untuk Menjadi Yang Terbaik